Selamat Jalan BJ Habibie ….

0
454
Selamat jalan BJ Habibie. Twitter | @jokowi

Kliksumatera.com, BANDARLAMPUNG – Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun. Indonesia dan dunia berduka. Kabar duka cita datang dari Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie.

Usai mendapat perawatan intens Tim Dokter Kepresidenan sejak 2 September 2019 lalu hingga kondisi kesehatannya sempat pulih, Presiden ke-3 RI sejak 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999 yang akrab disapa Eyang Habibie ini menghembuskan nafas terakhir, di ruang perawatan Paviliun Kartika Rumah Sakit Pusat TNI-AD (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia segera menyiarkan sekaligus mengucapkan belangsungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum sesaat kabar ini terkonfirmasi.

Dari Lampung, sejumlah tokoh juga turut khatur ucap kehilangan. Ketua Bravo-5 Lampung Andi Desfiandi menyampaikan duka cita mendalam dan mendoakan semoga Allah SWT mengampuni segala dosanya, diterima segala amal ibadahnya.

“Duka cita mendalam atas berpulangnya salah seorang putra terbaik Indonesia, seorang negarawan yang telah banyak menginspirasi rakyat Indonesia dan juga dunia. Selamat jalan Pak Habibie, terima kasih atas segala jasa dan pengabdiannya bagi bangsa Indonesia dan dunia,” takzim kehilangan Ketua Tim Relawan DKI Lampung itu, melalui kanal WhatsApp pukul 18.32 WIB.

Anggota DPD dapil Lampung Andi Surya dan anggota DPR RI dapil Lampung I yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung Sudin, senada.

“Selamat jalan Bapak BJ Habibie, Bapak Demokrasi. Semoga husnul khatimah. Jasamu pada bangsa ini selalu kami kenang,” ujar Andi Surya, pukul 18.35.

Sudin, yang kembali terpilih dan akan dilantik sebagai anggota DPR/MPR 2019-2024 pada 1 Oktober 2019 mendatang, mendoakan agar mendiang Wakil Presiden ke-7 RI blasteran Jawa-Gorontalo itu husnul khotimah. “Serta diampuni segala kesalahan dan dosa-dosanya. Amin,” khaturnya.

Seturut ungkapan Ketua Umum Himpunan Pemuda Lampung (HIMPALA) yang juga salah satu pengurus DPP Partai Golkar Zuli Hendriyanto. “Insya Allah almarhum husnul khotimah. Al Fatihah,” ujarnya.

Doa terbaik agar keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, keikhlasan, dan tawakal menerima ketentuan-Nya dikhaturkan Ketua Asosiasi Pengusaha Batu Andesit Indonesia (APBAI) Lampung Ginta Wirya Senjaya.

Pantauan redaksi, ucapan belasungkawa juga mengalir deras dari para tokoh lainnya. Diantaranya dari bendahara Partai Hanura Lampung Miswan Gumanti, inventor kamus bahasa Lampung/akademisi FMIPA Unila Admi Syarief, Wakil Rektor IV Unila Aom Karomani, Bendahara Yayasan Alfian Husin Ary Meizari, dan notaris Herlina Ratna.

Juga dari relawan kemanusiaan spesialis tanggap darurat bencana alam yang juga Sekretaris BaraJP Lampung dr Relly Reagen dan tokoh pemuda Tulang Bawang Sunardi.

Dari Serang, Banten, Ketua Bravo-5 Banten merangkap Korwil Lampung-Banten DPP Bravo-5 KH Irsjad Djuwaeli (mantan Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP RI), dan dari Jakarta, Ketua Almisbat Lampung Resmen Kadapi juga menyampaikan ucapan duka citanya.

Kembali ke Presiden Jokowi, orang nomor satu di Indonesia ini mengabadikan salah satu kolase foto BJ Habibie semringah dan tengah hendak menerbangkan pesawat mainan dari bahan kertas mungil, di akun Twitter-nya, Rabu malam pukul 20.36 WIB.

‘Bapak BJ Habibie menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, magrib tadi. Bangsa ini kehilangan seorang putra terbaik, yang hidupnya didedikasikan bagi kemajuan Indonesia. Semoga kita dapat melanjutkan cita-cita Pak Habibie membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju,” cuit kabar disertai takzim doa presiden.

Redaksi turut kehilangan. Mengutip obituari unggahan artis dan aktivis Melanie Subono, kerabat perancang pesawat terbang R-80 dan warga negara kehormatan Jerman itu dalam akun media sosial Instagram-nya.

“Eyang (BJ Habibie, red) sampai jumpa di keabadian. Senangnya udah bisa ngelepas kangen sama Eyang Putri (Ainun Habibie, red),” haru kalimat perpisahan Melanie.

Selamat jalan BJ Habibie. Hingga akhir zaman, semoga akan lahir Habibie-Habibie tangguh republik ini penerus cita-cita dan elan perjuanganmu. Aamiin.

Laporan : Muzzamil
Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here