Sudah Dua Kali Warga Desa Bina Karya Temui Bupati Muratara, Tapi Tak Berhasil

0
463
  • Minta Selesaikan Sengketa 240 Ha dengan PT Lonsum

Kliksumatera.com, MURATARA- Hari kedua masyarakat Desa Bina Karya/Sp5, kembali menyambangi Kantor Bupati Musi Rawas Utara (Muratara). Namun, lagi-lagi mereka  harus menelan  rasa kekecewaan karena tidak bisa bertemu dengan pejabat di sana, Selasa (19/11). Padahal sebelum mereka didampingi kepala desa juga harus pulang dengan rasa kecewa yang mendalam.

Makmun salah satu warga Desa Bina Karya sangat kecewa terhadap petinggi-petinggi Kabupaten Muratara, sebab sudah dua hari mereka datangi kantor bupati tapi harus pulang dengan rasa kecewa.

‘’Sudah dua hari ini kami bolak-balik ke kabupaten, dengan harapan adanya jalan penyelesaian. Tapi nyatanya nol besar. Kita ke sini bukan tidak mengeluarkan biaya selama dua hari ini. Kita punya keluarga yang harus dinafkahi. Dengan kejadian seperti ini kami merasa dirugikan, seharusnya Bupati Muratara bisa menengahi permasalahan ini,’’ ujarnya.

Warga berharap, Bupati Muratara dapat segera menyelesaikan permasalahan sengketa plasma 240 ha yang kini masih dikuasai pihak PT. Lonsum Tbk.

‘’Saya rasa masyarakat sudah cukup bersabar, 24 tahun hak masyarakat Desa Bina Karya dikuasai oleh PT.Lonsum Tbk, tanpa ada kejelasan sementara PBB setiap tahunnya harus dibayar oleh desa,’’  tambah Kades Bina Karya/Sp5, Dumiyati.

Sesuai dengan Surat Bupati Muratara untuk mempertemukan pihak perusahaan dan pihak kuasa hukum masyarakat agar bisa mencari solusi terkait permasalahan plasma tersebut, tapi sudah hampir sebulan lebih, pihak kabupaten belum ada tanggapan yang pasti kepada masyarakat. ‘’Rencananya besok pada hari Rabu (20/11) masyarakat akan datang kembali ke sini, sampai ada kepastian,’’ tegas Dumiyati.

Sebagai pemerintah desa, Kades sudah mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi-aksi yang di luar kendalinya. ‘’Takutnya jika emosi dari masyarakat tidak terbendung lagi, akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,’’ tandasnya.

Laporan          : Junaidi

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here