Sungai Biduk Muba Meluap, 2 Rumah Hanyut

0
359

Kliksumatera.com, SEKAYU – Tingginya intensitas hujan sebulan terakhir ini dengan disertai meluapnya Sungai Biduk mengakibatkan dua desa yang berada di Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan yakni Desa Tanjung Dalam dan Desa Dawas terendam setinggi satu meter lebih.

Akibat kejadian itu, akses lalu lintas antarkecamatan lumpuh total sehingga banyak kendaraan roda dua terjebak dan ada sebagian pengendara roda empat memilih memutar haluan. Surya (55) warga Desa Tanjung Dalam mengatakan, banjir kali ini memang bukan yang terparah namun akibat derasnya luapan Sungai Biduk dua rumah warga yang berada di pinggiran sungai hanyut.

Dikhawatirkan, bila hujan kembali turun rumah warga lainnya bisa ikut ambruk. Guna menghindari korban jiwa warga mulai mengungsi.

“Setiap musim hujan sungai Biduk selalu meluap dan merendam rumah warga. Namun kali ini, dampak yang ditimbulkannya telah merobohkan rumah warga,” jelas Surya.

Pantauan di lapangan Jumat sore (26/04/2019), musibah banjir di samping merobohkan rumah warga di Desa Tanjung Dalam yang berdiri di pinggir sungai karena derasnya air Sungai Biduk juga merendam masjid sehingga sholat Jumat dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

Sedangkan para pengendara roda dua sebagian nekat menyeberang dengan menggunakan jasa ojek perahu. Karena menurut Edi (43) warga Desa C2 bila memutar haluan jarak tempuhnya bisa memakan waktu tujuh jam. Guna mempersingkat waktu, dirinya memilih menggunakan jasa ojek perahu untuk menyeberang, walaupun ongkos yang harus dibayar cukup mahal seratus ribuan tapi itulah pilihannya. Pada kesempatan itu, dirinya juga berharap pada pemerintah supaya jalur lalu lintas antar kecamatan yang setiap musim hujan terendam air kiranya dapat diperbaiki dengan meninggikan badan jalan sehingga kedepannya aktivitas warga menjadi lancar.

“Di lokasi ini setiap musim hujan selalu tergenang air setinggi dada orang dewasa, sehingga aktivitas warga lumpuh total. Untuk itu, ke depannya pemerintah daerah dapat membangun jalannya lebih tinggi lagi,” ujar Edi.

Sedangkan di Desa Tanjung Dalam yang terdampak banjir cukup parah membuat sebagian besar warga dengan peralatan seadanya memilih mengungsi ke rumah kerabat mereka yang aman dari banjir.
Mengantisipasi korban jiwa dari kedua desa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin sore harinya menerjunkan Tim Siaga Bencana turun langsung untuk mengavakuasi warga ke lokasi yang lebih aman.

Kepala BPBD Muba, Indita Purnama menjelaskan, meluapnya sungai Biduk yang berada di Desa Tanjung Dalam akibat tingginya intensitas hujan akhi-akhir ini sehingga air sungai merendam dua desa. Sedangkan untuk korban jiwa saat ini belum diketahui, namun pihaknya sudah menerjunkan Tim Siaga ke lokasi guna mengevakuasi warga.

Laporan : Bullah
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here