Tanggal 14 November, Akhir Pendaftaran Lomba Gitar Tunggal Muratara

0
392
foto ilustrasi

Kliksumatera.com, MURATARA- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akan menggelar lomba lagu daerah dan lomba gitar tunggal.

Kepala Disbudpar Kabupaten Muratara Titin Martini melalui Kepala Bidang (Kabid) pengembangan Kebudayaan dan Kesenian daerah, Hosia mengatakan Disbudpar akan mengadakan lomba lagu daerah dan lomba gitar tunggal tingkat Kabupaten Muratara dengan tujuan untuk mematenkan lagu daerah Muratara.

“Setelah kita dapat pemenangnya, lagu daerah dan gitar tunggal ini rencananya akan kita patenkan pada tahun 2020,” kata Hosia saat dikonfirmasi di ruang kerjanya. Kamis (7/11/2019).

Selain untuk mematenkan lagu daerah dan gitar tunggal tersebut, lanjut Hosia, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggali bakat dan minat masyarakat Kabupaten Muratara sebagai pecinta lagu daerah Kabupaten sendiri.

“Untuk lomba lagu daerah, ada lomba lagu wajib dan ada lomba lagu pilihan. Untuk lagu wajibnya yaitu berjudul Beselang Serundingan, sedangkan untuk lagu pilihannya ada 4 judul lagu yaitu tujuh lidi, Muratara Bangkit, Muratara Bebenah, dan Ke Muratara. Kemudian untuk lomba gitar tunggalnya harus menggunakan tembang derah ciptaan sendiri,” tegasnya.

Sebenarnya kata Hosia, pendaftaran dibuka sejak tanggal 4-8 November 2019 dan seleksinya pada tanggal 11-13 November 2019.

“Karena sesuatu dan lain hal maka pelaksanaannya kita mundurkan, pendaftarannya tetap dari tanggal 4 November tapi batas akhir pendaftarannya kita undur menjadi tanggal 14 November 2019. Sedangkan seleksinya pada tanggal 18-20 november 2919. Grand finalnya nanti pada saat Festival Danau Rayo,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan lomba lagu daerah dan lomba gitar tunggal ini berjalan sukses. “Bagi para pemenang lomba akan diberikan uang pembinaan, piagam penghargaan dan tropi,” tandasnya.

Laporan          : Junaidi

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here