Ternyata Citimall Lahat Tak Penuhi Standarisasi Amdal

0
1537

Kliksumatera.com, LAHAT- Ternyata megasupermarket di Lahat yakni Citimall, amdalnya tak memenuhi standar. Hal itu diketahui hasil cek lapangan dari laporan masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti oleh anggota DPRD Lahat dalam reses perdananya, Kamis (24/10).

Reses sendiri dilakukan oleh 10 Anggota DPRD Lahat di Kantor Camat Lahat. Reses yang dilakukan ini untuk menerima, menampung, dan menyerap aspirasi masyarakat di Wilayah Daerah Pemilihan 1 meliputi Kecamatan Lahat. Para anggota dewan yang dimaksud adalah ketua reses Fitrizal Homizi ST, Gaharu SE, Sri Marhaeni Wulansih SH, Samarudin SH, Firiyanto SPdI, H Junaidi, Arry Amd, Andriansyah, Muhamad Apriadi SE MM, dan M Munawir Safie’i SH MH.

Usai menerima laporan dugaan limbah (amdal) Citimall yang bermasalah itu, para anggota dewan pun langsung meluncur ke lokasi penampungan dan pembuangan limbah Citimall.

Ketua Reses Dapil 1 Lahat Fitrizal Homizi ST. didampingi Koordinator Reses Gaharu di sela peninjauan limbah di Citimall angkat bicara. “Setelah melihat dan meninjau langsung pembuangan Citimall. Maka kami rekomendasikan bahwa water treatmen/ penjernih air Citimall ini harus ditinjau ulang karena tak sesuai dengan standar Amdal. Jadi bak penampungan harus diberi ikan sebagai uji coba kelayakan. Bila nanti diberi ikan mas dan mujair, ternyata ikannya mati maka ini harus ditinjau ulang dan pihak DLH Lahat harus mengkaji ulang. Dan dokumennya harus disampaikan ke DPRD Lahat untuk ditinjau ulang,’’ tegas Fitrizal.

Sementara itu, saat Kliksumatera.com mau mengonfirmasi masalah ini dengan Kepala DLH Lahat yang sebelumnya terlihat di lokasi ternyata tidak berhasil. Sebab yang bersangkutan langsung menghilang usai peninjauan dilakukan oleh para anggota Dewan Lahat.

Laporan          : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here