Tripika Kikim Timur Hadiri Musdes ke Desa Bungamas

0
604

Kliksumatera.com, LAHAT- Untuk mencapai kemufakatan dalam menjalankan alokasi dana desa tahun 2020 mendatang agar sesuai dengan keinginan masyarakat Desa Bungamas, tepat waktu dan tepat guna dan tepat  sasaran, maka Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bungamas mengadakan Musdes di Balai Desa pada Kamis (28/11) sekira pukul 10.00 WIB.

Acara yang dihadiri langsung oleh Tripika Kikim Timur itu, juga dihadiri oleh Kepala Desa Bungamas Itniarsyih, Kasi Pemerintah Kecamatan Kikim Timur Indratno, SE, Pendamping Desa Heri Kiswanto, Ketua BPD Desa Bungamas Ahmad Suryadi, dan para anggota BPD, para kasus, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, ibu-ibu PKK, dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bungamas Heri Kiswanto menyampaikan bahwa ini merupakan kali pertamanya BPD yang baru ini mengadakan Musdes. ‘’Jadi marilah kita bermusyawarah untuk mencapai mufakat secara profesional dan jangan dengan emosional. Marilah kita bersama-sama bermusyawarah desa untuk mencapai mufakat, secara profesional namun jangan emosional,” tegas Heri.

Kades Bungamas Itniarsyih juga berharap agar melalui Musdes ini, alokasi dana desa bisa terlaksana sesuai dengan juknis dan juktis yang ada dan sesuai dengan keinginan masyarakat Desa Bungamas.

“Selaku Kades Bungamas saya berharap agar Musdes ini benar-benar menghasilkan kesepakatan bersama untuk kepentingan masyarakat dan bisa dilaksanakan sesuai dengan juknis dan juktis yang ada, sehingga bisa benar-benar tepat waktu, tepat sasaran dan guna serta bisa dipertanggungjawabkan kepada semua pihak,” harap Kades Bungamas.

Selanjutnya unsur Tripika Kikim Timur menyampaikan beberapa masukan buat seluruh masyarakat,di mulai oleh Kapolsek Kikim Timur Iptu Samsuardi juga mengungkapkan dalam kata sambutannya bahwa Musdes ini wajib dan harus legalitas agar alokasi dana desa bisa tepat guna, tepat waktu, dan tepat sasaran.

“Musdes ini wajib dilaksanakan dan harus legalitas, karena melalui Musdes inilah kita harapkan agar alokasi dana desa bisa berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, dan masyarakat wajib ikut berperan serta dalam memantau dan mengawasi perjalanan pelaksanaan dana desa,dana desa ini milik rakyat dan kegunaannya untuk rakyat bukan milik para pejabat,” tegas Kapolsek.

Hal senada juga disampaikan oleh Koramil Kikim Area Kapten Inf. Agus Subakti yang diwakili oleh anggotanya juga memberikan sedikit kata sambutannya, sesuai dengan tugas dan fungsinya. ‘’Di sini TNI bertindak selaku pemantau pelaksanaan alokasi dana desa. Kami pun berharap, agar alokasi dana desa ini benar-benar aspirasi dan kepentingan dari masyarakat, dan bisa dilaksanakan dengan kondisi aman dan kondusif. Jangan ada kericuhan dan keributan, perbedaan pendapat itu wajar dalam suatu forum, namun janganlah hal itu dijadikan sesuatu untuk memecah-belah persatuan dan kesatuan kita bersama,” imbaunya.

Sementara itu Camat Kikim Timur Pebroni, SE MM dalam kata sambutannya juga berharap, agar Musdes benar-benar menghasilkan suatu kemufakatan untuk kepentingan masyarakat. ‘’Silakan kalian masyarakat Bungamas bermusyawarah desa dengan berlandaskan musyawarah untuk mufakat, saya selaku Camat Kikim Timur berharap, agar Musdes ini benar-benar bisa menghasilkan kesepakatan yang sesuai dengan keinginan masyarakat, dan bisa dilaksanakan dengan baik dan benar, sesuai dengan juknis dan juktis yang ada, serta dalam pelaksanaannya nanti bisa tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna. Bisa dipertanggungjawabkan di mata hukum, kepada masyarakat dan yang paling utama kepada Allah SWT,” jelas Pebroni.

Selanjutnya acara langsung diambil alih oleh Ketua BPD selalu pimpinan Musdes dan dihadiri oleh para undangan dan masyarakat.

Laporan          : Akbar/Novita

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here