Wabup Buka Seleksi STQ Kabupaten Lahat 2019

0
353

Kliksumatera.com, LAHAT- Sekitar 54 utusan kafilah dari 24 kecamatan dalam Kabupaten Lahat diseleksi di Hotel Bukit Serelo Lahat. Seleksi ini dibuka langsung H.Haryanto SE MBA, Minggu (17/3) pukul 20.00 WIB.

Seleksi ini berlangsung selama 4 hari tiga malam dilanjutkan tanggal 23-24 April mendatang di tempat yang sama. Adapun kegiatan adalah ‘’Menuju STQ Tingkat Provinsi Sumsel Mari Kita Tingkatkan Kualitas Membaca dan Mengamalkan Al Quran sebagai Sarana Peningkatan Akhlak Bagi Masyarakat Kabupaten Lahat.’’

Hadir pada TC ( raining Center) STQ (Seleksi Tilawah Quran) antara lain Drs. Rusidi Djafar MM Kakanmenag Lahat, AKBP Ferry Harahap SiK MSi Kapolres Lahat, Mayor Inf Agusalim Kasdim 0405, Wakil Ketua PKK Ibu Sumiati Haryanto SPd, para camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, OPD, serta peserta STQ.

Mulus Akbar SAg Kabag Kesra Pemkab Lahat pada laporannya menyampaikan bahwa program ini merupakan program pemerintah mulai tingkat Nasional Provinsi dan Kab Kota, STQ adalah Seleksi Tilawatil Quran dan MTQ adalah Musabakoh Tilawatil Quran. Untuk MTQ yang dilombakan adalah seluruh cabang yang diperlombakan dan STQ hanya sebagian Cabang. Peserta merupakan para Qori, Tafhis, Mufassir, dan para penghapal hadits di Kabupaten Lahat.

Para peserta berasal dari beberapa kecamatan yaitu dari Kafilah Kecamatan Lahat 9 Kafilah, Kecamatan PUMI 8 Kafilah, Merapi Barat 4 Kafilah, Kikim Tengah 5 Kafilah, Sukamerindu 1 Kafilah, Kikim Timur 11 Kafilah, Kikim Tengah 5 Kafilah, PUMU 4 Kafilah, Pseksu 2 Kafilah, Jarai 1 Kafilah, dan Merapi Selatan 1 Kafilah.

Peserta merupakan putra daerah Lahat, untuk pelatih juga berasal dari Lahat. Cabang yang dilombakan Tilawah Anak dan Dewasa, Lahat berpartisipasi untuk berlaga di Kabupaten Muratara tingkat Provinsi.

Wabup Lahat H. Haryanto SE MM. MBA membuka STQ sekaligus menyampaikan sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan STQ ini harus dilaksanakan sebaik mungkin. ‘’Insya Allah Lahat akan dikenang dengan baik, kita yakin pelaksanaan STQ ke Provinsi bukan semata juara yang hal terpenting mengikuti sebaik mungkin,’’ tegasnya.

Laporan           : Doni

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here