Wawako: Tahun Ini Jalan Gandus Jadi Mulus

0
198

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Keberadaan jalan di Kecamatan Gandus Kota Palembang yang saat ini kondisinya amat memprihatinkan mendapatkan sorotan tajam dari Wakil Walikota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda. Apalagi kecamatan tersebut dikenal sebagai salah satu daerah agropolitan dan daerah industri serta berdiri juga Markas Raider dan ribuan lebih perumahan yang berbaur aman dan nyaman dengan penduduk asli di sana.

Karenanya keberadaan jalan amatlah mendukung demi kelancaran transportasi, pengembangan, dan sekaligus kemajuan daerah tersebut. ‘’Karena itu, tahun Ini Jalan Gandus jadi mulus,’’ tegas Wawako saat bersilaturahmi dengan pengurus Masjid Al Shaleh Bakda Ashar pada 12 Juni 2019 lalu.

Kedatangan orang nomor 2 Palembang yang memang dikenal energik dan dekat dengan masyarakat serta siap menampung segala keluhan warganya tanpa kenal waktu itu memang bersifat dadakan. ‘’Saya ke sini tanpa jadwal dan tak ada agenda. Sebab saya beserta rombongan ingin melihat kondisi nyata di lapangan. Dan ternyata keluhan dan saran serta permintaan masyarakat Gandus baik secara lisan maupun tulisan yang ingin merasakan mulusnya jalan sudah amat mendesak dan harus segera diwujudkan tahun ini,’’ tegas Finda sapaan akrab Wawako kepada masyarakat seraya memanggil Kepala PU BM Palembang Bastari untuk segera menyelesaikan pembangunan jalan di daerah Gandus tahun ini juga.


Tak hanya keberadaan jalan yang menjadi sorotan Finda, kondisi siring yang kecil, kotor, dan penuh sampah bahkan banyak juga jalan yang tak memiliki siring tak lepas dari bidikannya. ‘’Jalan dan siring atau got itu ibarat pasangan suami istri. Ada istri harus ada suami, ada suami juga harus ada istri. Dan itulah jalan yang harus juga didampingi siring atau gotnya. Sehingga keberadaan jalan akan lebih terpelihara dan tahan lama karena didampingi siring yang terus mengatur kelancaran air khususnya pada saat musim hujan tiba,’’ cetus Finda.

Perbaikan Jalan Gandus adalah salah satu janji Finda dan Harno (Walikota Palembang sekarang, red) saat keduanya mencalonkan diri sebagai Walikota dan Wakil Walikota Palembang saat berkampanye. Karenanya, menepati janji adalah harga mati yang tak bisa ditawar lagi.

‘’Selama ini, saya dan staf sering mendengar keluhan bahwa jalan di Kecamatan Gandus ini banyak yang menjadi kubangan kerbau dan sungai-sungai kecil saat musim hujan. Hal itu amat membahayakn para pengendara maupun pejalan kaki. Karena itu tahun ini juga jalan di Gandus harus sudah diperbaiki dan mulus tanpa terkecuali siring dan gotnya juga harus segera dibangun dan diperbaiki,’’ tegas Wawako lagi.

Selain itu, sarana lampu jalan dan infrastruktur lain pun menjadi sorotan Wawako. ‘’Tapi satu-persatu, semuanya akan kita selesaikan. Silakan usulkan kepada kami, dan kewajiban kami untuk membangun Kota Palembang ini. Apalagi Bapak Walikota Palembang juga kini sedang giat-giatnya untuk membangun Kota Palembang ini agar lebih baik lagi,’’ cetus Finda.

Sementara itu, Wawako juga menegaskan bahwa akan dibangun Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu di Kecamatan Gandus. ‘’Karena itu, tahun ini juga akan segera disosialisasikan. Semuanya akan melibatkan masyarakat dan petugasnya pun akan mendapatkan gaji yang standar,’’ tandas Wawako.

Untuk Kartu Indonesia Sehat (KIS), juga diutarakan oleh Finda. Bahwa target Pemerintah Kota Palembang tahun ini 95 % warga Palembang harus sudah memiliki KIS. ‘’Silakan berobat gratis ke RS Bari atau RS Gandus. Yang belum memiliki KIS juga bisa berobat di puskesmas dan cepatlah mengurusnya. Jika ada kendala dengan KIS cepat laporkan,’’ tukasnya.

Sebelum kembali ke Kantornya, Wakil Walikota dan rombongan menyempatkan diri untuk melihat-lihat lingkungan seputar Masjid Al Shaleh yang cukup megah.

Laporan           : M. Riduan

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here