Ari Francisco, Sulap Kebun Jadi Wisata Alam 

0
1925

* Ada Kolam Mandi Bidadari yang Asri

Kliksumatera.com, PAGARALAM–  Warga Dusun Muara Siban bernama Ari Francisco (45) yang punya lahan di Area Bukit Pasir Kelurahan Muara Siban Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam menyulapnya menjadi tempat wisata yang alami.

Dia memoles lahannya yang memiliki luas sekitar 2 hektar itu dengan menggunakan bahan tumbuh-tumbuhan dari alam sekitar.

Ari menuturkan, lahan kebunnya sudah lebih dari 30 tahun ditinggalkan dan sudah tidak menjadi kebun lagi. ”Dulu wilayah ini sering dilakukan sebagai tempat pengambilan pasir untuk pembangunan jalan dari Lahat – Pagaralam – Tanjung Sakti,” ujarnya.

Karena tak lagi dimanfaatkan, maka dalam 50 hari belakangan maka Ari pun menyulap lahannya itu menjadi tempat wisata alami. ”Saya beri nama Wisata Bukit Pasir. Lokasinya seperti perbukitan menjadikan tempat ini asri dan nyaman untuk wisata,” cetusnya, Senin (2/12) kepada Kliksumatera.com.

Lokasi wisata ini hanya berjarak 100 meter saja dari jalan umum. Letaknya berada di Dusun Baru Muara Siban Kecamatan Dempo Utara Pagaralam.

”Para pengunjung dapat beristirahat dan berteduh,  juga ada tempat sholat dan pelepas dahaga. Ada juga lokasi Kolam Bidadari Mandi. Konon dulu kolam tersebut dipakai oleh para bidadari untuk mandi, sangat cocok kalau mau berwisata alami bersama keluarga,  kelompok pelajar, organisasi, instansi,  BUMD, BUMN atau yang lainnya. Hingga kini kami terus berbenah agar lebih baik lagi,” tutur Ari.

Ari berpesan bagi pengunjung, untuk saat ini masih wisata miliknya masih free alias gratis. ”Jika membuat api unggun, bakar jagung atau bikin acara keluarga gunakan ranting pohon yang berjatuhan, dan jangan merusak pohon, atau bertanya pada pemandu di lokasi Wisata Bukit Pasir ini,” tandasnya.

Laporan          : Faisal
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here