Bulan: Sosialisasi Layanan Kenotariatan untuk Mudahkan Layanan ke Masyarakat

0
390

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Adanya Sosialisasi Layanan Kenotariatan di Hotel Peninsula Palembang (17/09/2019) kemarin, oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumsel bertujuan untuk memudahkan sekaligus membantu layanan di masyarakat.

Hal itu ditegaskan Bulan Mahardika selaku Kasubid Pemajuan HAM Kementerian hukum dan HAM Sumsel. ‘’Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Sosialisasi layanan Kenotariatan rapat koordinasi Kenotariatan serta Pengawasan terhadap Notaris dengan perspektif dan berbasis HAM (Hak Azasi Manusia) misalnya menyediakan fasilitas untuk penyandang disabilitas seperti menyediakan kursi roda kemudian tempat laktasi dan tidak boleh tidak ada fasilitas tersebut. Kami berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik, baik kepada Masyarakat, Notaris, dan Penegak Hukum,’’ ujarnya.

Sedangkan untuk Pelayanan Fiducia, Bulan menjelaskan bahwa ada beberapa yang objek yang bisa didaftarkan Fiducia antara lain benda berwujud kendaraan bermotor, alat berat. Dan tidak berwujud, benda bergerak seperti binatang ternak, hutang piutang dagang. ‘’Malah sekarang ada kekayaan intelektual seperti pendaftaran hak cipta dan hak paten itu bisa di Fiducia kan,’’ cetusnya.

Harapan kepada masyarakat itu kalau ingin mendaftarkan Fiducia harus dibaca dan diteliti lagi pada saat mau akad. ‘’Kebanyakan masyarakat itu sering mengatakan bahwa saya tidak datang ke Notaris, saya tidak menandatangani surat padahal ketika dia menandatangani yang namanya akad perjanjian kredit itu berarti dia mendaftarkan dan memberikan kuasa kepada leasing maupun ke perusahaan pembiayaan untuk mendaftarkan hak Fiducia kepada notaris jangan sampai nanti dia menyangkal ketika dia one prestasi,’’ tandas Bulan.

Laporan : Are
Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here