Penilaian Kecamatan Ilir Timur III, RTH Masih Kurang Namun Lainnya Melebihi Kecamatan Lain

0
380

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Tim penilaian Kecamatan hari ini mengunjungi Kecamatan IT III, bertempat di Gedung Dharma Wanita Jalan Rajawali Palembang, Selasa (15/10/2019).

Acara yang dihadiri langsung oleh Kabag Pemerintahan Kota Palembang, Camat IT III unsur Muspika dan Lurah- Lurah yang berada di Wilayah Kecamatan IT III.

Plt Kabag Pemerintahan Kota Palembang Farid Wajidi mengatakan kepada Wartawan Kliksumatera.com bahwa mereka hari ini menilai kecamatan yang ke-14 dari 18 Kecamatan dalam rangka pembinaan dan monitoring penyelenggaraan pemerintahan tingkat kecamatan di Kota Palembang.

Farid juga menegaskan bahwa tim penilai memberikan advis dalam variabel maupun indikator dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Palembang.

‘’Karena kita ketahui tugas pokok dan fungsi camat berdasarkan PP Nomor 17 Tahun 2018 itu sangat berat sebagai koordinator penyelenggaraan pemerintahan umum, ketentraman dan ketertiban, pemeliharaan sarana dan prasarana pemberdayaan masyarakat kelurahan dan juga koordinasi tugas-tugas lainnya,’’ ujarnya.

Sedangkan untuk Kecamatan Ilir Timur III ini sendiri walaupun Kecamatan ini baru terbentuk yaitu pemekaran dari Wilayah Kecamatan IT II pada tahun 2017, namun sudah bisa disamakan bahkan mungkin bisa dikatakan melebihi kecamatan-kecamatan yang lain karena mampu melaksanakan koordinasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Menurutnya, untuk Kecamatan Ilir Timur III ini sebagaimana tanggapan dari tim penilai bahwa memang karena keterbatasan lahan pada umumnya di Kota Palembang, yaitu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Palembang tidak hanya di Kecamatan IT III tapi di Kecamatan lain pun yang ada di Kota Palembang memang sangat terbatas.

Untuk itu lah memang ini masukkan bagi Pemerintah Kota Palembang agar dapat menyediakan RTH-RTH baru untuk kenyamanan masyarakat Kota Palembang.

Di tempat yang sama Tim Penilai dari FISIP Universitas Sriwijaya Januar Eko Ariansyah mengatakan bahwa sekilas tadi kita lihat sudah lumayan bagus dan sudah berinovasi. ‘’Dan kami tim penilaian fokus pada pos pelayanan, seperti halnya prosedur, persyaratannya kita lihat sudah ada. Namun kami menyayangkan karena tidak melihat fisiknya. Sementara untuk Pelayanan publiknya sendiri sudah lumayan bagus,’’ ujar Januar.

Untuk penilaian tadi ada beberapa aspek antara lain dari standar pelayanan, sisi inovasi, koordinasi antarpemerintahan yaitu koordinasi antarcamat, lurah, RT dan RW.

Di sela acara Camat IT III Muflih mengatakan, bahwa kecamatan IT III banyak yang menonjol yang pertama ada proyek-proyek besar yang berada di Wilayah IT III antara lain ada Pasar Ikan Modern, Pompanisasi Sungai Bendung, dan juga penataan duren kawasan Pasar Kuto.

‘’Nantinya kawasan Pompanisasi Sungai Bendung itu akan dibuat persis seperti Kambang Iwak (KI). Jadi akan ada Jogging Track, UMKM, arena permainan, dan Ruang Terbuka Hijau. Dan saya juga mengimbau kepada masyarakat IT III untuk menjaga kondusivitas serta memelihara apa yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kota Palembang,’’ tandasnya.

Laporan : Andre
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here