Program Satu Desa Satu Perpustakaan di Lahat Dimulai Tahun 2020

0
375

Kliksumatera.com, LAHAT- Dalam rangka mencerdaskan rakyat desa, maka Dinas Perpustakaan Daerah Lahat menggelar Rakor Satu Desa Satu Perpustakaan.

Hal itu akan terwujud karena dapat diinovasikan melalui pembangunan dan pemberdayaan Dana Desa secara maksimal di pedesaan.
Kegiatan berlangsung di Oproom Pemkab Lahat, Senin (21/10). Adapun pesertanya adalah 24 Camat, Forum Kades, Dinas Kominfo, DPMD, Asisten 1 Rudi Thamrin SH, Plt Kadis DPMD Beni Zainudin, dan Dinas Perhubungan Lahat.

Wabup Lahat H. Haryanto SE M.Si yang membuka acara tersebut mengharapkan minimal 35 % dari total jumlah desa di Lahat harus memiliki perpustakaan. ‘’Akan kita mulai tahun 2020 hingga tahun 2022. Hal ini harus berkoordinasi dahulu dari pengadaan Dana Desa yang diterima. Sehingga akan terwujud program satu desa satu perpustakaan,” ujar Wabup.

Sementara itu Kadis Perpustakaan Daerah Elfa Edison SP Lahat mengatakan bagi desa yang tidak ada gedung untuk menyewa, untuk bangunan fisik gedung mencapai 800 juta, disiapkan desain khusus dan RAB. ‘’Dengan adanya Perpustakaan Daerah diharapkan meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Lahat. Nantinya kami dari Dinas Perpustakaan akan keliling untuk memantau setiap desa. Persiapkan tenaga kerja desa untuk mengelola perpustakaan. Kegiatan ini harus bersinergi antara Komimfo, DPMDes, dan Perpustakaan. Harus ada Wifi gratis. Serta bila memungkinkan tahun depan ada konsultan,’’ papar Elfa.

Laporan : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here