Sukaria Warga Pali Nanggok Ikan Bersama

0
472

Kliksumatera.com, PALI- Warga Pali bersukaria dalam pesta nanggok (ambil ikan) di sebuah sungai yang terletak di belakang Rumah Dinas Bupati Pali Ir. H. Heri Amalindo MM. Keceriaan warga, tua-muda, kecil-besar, laki dan perempuan ini kian menjadi karena Bupati serta beberapa pejabat lain ikut hadir dalam pesta rakyat nanggok ikan bersama itu, Sabtu (16/11).

“Hal ini kita lakukan untuk menghindari penangkapan ikan secara ilegal menggunakan racun. Dan kegiatan seperti ini akan kita adakan lagi, selain itu juga ini adalah kegiatan yang positif agar warga semua bisa menjadikannya hiburan tersendiri serta menjalin silaturahmi,” cetus Bupati Pali sambil tersenyum.

Ketua panitia Dede Apriandi mengajak masyarakat Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) untuk menjaga ekosistem agar tetap terjaga dan melestarikan adat demi mewujudkan Pali lebih maju. ‘’Menangkap ikan dengan cara tradisional akan lebih baik daripada melakukannya dengan ilegal atau racun dan setrum. Karena itu akan merusak ekosistem yang ada,’’ ujarnya.

Kepada masyarakat yang berhasil menanggok ikan terbanyak dan paling besar, maka panitia akan memberikan hadiah yakni berupa sembako, radio, dan hadiah door prize lainnya.

“Menangkap ikan menggunakan tangkul ataupun jaring sudah menjadi kebiasaan masyarakat Pali. Jadi di sini menanggok bersama dengan ramai-ramai guna menjaga silaturahmi, melestarikan adat istiadat lokal, dan menjaga ekosistem kita tetap terjaga,” tambah Dede.

Acara nanggok ini dimulai pukul 07.00 WIB. Meski demikian, tidak sedikit warga yang hadir seusai subuh karena khawatir ketinggalan mengikuti nanggok ikan.

 

Laporan          : Azza

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here