Tambang Emas Illegal Kian Merajalela

0
381

Kliksumatera.com, MURATARA- Penambang emas di Desa Barong Barong Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun Jambi hingga kini semakin merajalela. Hal itu diduga, aparat yang datang ke tempat tersebut hanya melihat tanpa melakukan tindakan sebagaimana mestinya.

Dari temuan wartawan di lapangan, terlihat jelas banyaknya alat berat dan orang-orang di lokasi tambang guna menemukan emas. Hal itu dapat dimaklumi sebab areal tambang emas yang dikeruk dan digali mencapai puluhan hektare. Sementara dampaknya adalah lahan warga juga yang ikut tergerus oleh longsoran dan banjir di saat hujan. ”Bahkan air sungai di daerah Desa Muaro Sawo Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun Jambi kini menjadi keruh akibat tanah galian dari para penambang emas,” aku seorang warga setempat.

Dari keterangan salah satu penambang yang punya alat berat berupa eskavator, dirinya mengakui dia bukanlah sarjana namun mengerti hukum, karenanya usaha tambangnya aman-aman saja dari para penegak hukum. ”Dan saya juga sering didatangi orang Kapolres bahkan kami berteman. Namanya Pak Khusni, mereka tidak pernah rewel dengan galian tambang kami,” akunya kepada wartawan, Minggu (2/8).

Laporan : Junaidi
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here