Unik, Cara Warga Desa Ulak Pandan Peringati Hari Kesaktian Pancasila

0
413

Kliksumatera.com, LAHAT- Banyak cara untuk memperingati hari-hari besar nasional. Salah satunya Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada setiap tanggal 1 Oktober.


Warga Desa Ulak Pandan Lahat memiliki cara unik dan sedikit berbeda dalam merayakan Hari Kesaktian Pancasila tersebut. Yakni guna menumbuhkan rasa patriotisme cinta terhadap daerah dan negara, maka warga dengan cara beramai-ramai ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa, untuk melaksanakan gotong-royong membersihkan makam sekaligus mendoakan mereka.

‘’Ini adalah budaya yang harus dilestarikan, karena budaya gotong-royong adalah budaya bangsa ini,’’ ujar Ahmad Tarmizi Arsal didampingi Salman selaku Ketua BPD dan Ketua LPM Desa Ulak Pandan, Selasa (1/10).

‘’Terima kasih kepada seluruh warga desa yang sempat hadir pada hari ini, bersama-sama kita membangun desa ini. Karena membangun desa adalah bagian dari membangun negara ini. Jika desa ingin maju maka tetap mengedepankan nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal. ‘’Ini akan menambah kecintaan kita kepada bangsa dan negara ini,’’ tambah Susiawan Rama selaku Kades Ulak Pandan menambahkan.

Selama kegiatan terlihat sekitar 600 orang membaur bersama-sama membersihkan lingkungan Tempat Pemakaman Umum desa, seluruh unsur masyarakat baik laki-laki atau pun wanita, tua muda terlihat antusias. Ramainya kegiatan ini mencerminkan bahwa masyarakat Desa Ulak Pandan masih sangat melestarikan budaya gotong-royong di desa mereka.

Selain itu, masyarakat bersepakat:
1. Menolak keras blasting (Peledakan Eksploitasi Pertambangan) di Wilayah Desa Ulak Pandan.
2. Melarang/tidak mengizinkan galian atau pengambilan batu (golongan C) yang menggunakan alat berat di wilayah Desa Ulak Pandan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pemerintah Desa, BPD, LPM, Lembaga Adat, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan unsur masyarakat lainnya.

Laporan : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here