Polsek Tungkal Ilir Dampingi Petugas PKH Pasang Labelisasi Rumah Penerima PKH

0
346

Kliksumatera.com, BANYUASIN– Babinkamtibmas Polsek Tungkal Ilir Aipda Ahmad Fikri, mendampingi Petugas PKH Kecamatan melakukan Labelisasi Rumah Penerima PKH di Desa Teluk Tenggulang, Kamis (24/10) pukul 09.00 WIB.

Giat tersebut diikuti oleh Kasi Kesos Kecamatan Tungkal Ilir Badarudin, S.Hi, Petugas Pedamping PKH Kecamatan Tungkal Ilir Muhaimin, Uswatun Khasanah, dan Apriyana, serta Kepala Desa Teluk Tenggulang Erpendi, S.IP.

Tujuan Program Keluarga Harapan (PKH) adalah mengurangi kemiskinan dan kesenjangan. Dengan intervensi PKH, diharapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat segera keluar dari kondisi kemiskinannya. Praktiknya, program kesejahteraan sosial yang digagas pemerintah pusat ini banyak yang tidak tepat sasaran.

Di satu sisi data penerima bantuan berasal dari pemerintah pusat, di sisi lain pemerintah daerah tidak bisa mengganti data penerima program selain dari data yang ada dalam basis data terpadu (BDT). Padahal masih banyak warga yang tergolong layak menerima program tersebut namun tidak mendapatkan bantuan dan tidak termasuk dalam BDT.

“Pemasangan label ini bukanlah maksud dari pemerintah untuk bertindak diskriminasi terhadap masyarakat, hal ini semata-mata agar bantuan ini lebih tepat sasaran,” kata Babinkamtibmas Polsek Tungkal Ilir Aipda Ahmad Fikri kepada media saat mendampingi petugas PKH.

“Jadi bukan maksudnya diskriminasi, kita meminta agar yang merasa sudah tidak layak lagi agar mengundurkan diri, karena masih banyak warga lain yang lebih berhak,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan, dengan program pemasangan label ini, masyarakat akan dapat saling mengawasi apakah penerima manfaat akan tepat sasaran atau tidak. Artinya pemasangan label ini juga untuk melindungi hak masyarakat yang seharusnya menerima.

“Seringkali ada intimidasi yang diterima petugas di lapangan, ada yang memaksa untuk dimasukkan meskipun tidak layak untuk menerima, dengan adanya pemasangan label ini akan meminimalisir hal seperti itu,” tukasnya.

Laporan : Wanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here